bab 10 tentang laporan, materi bahasa indonesia kelas xi smk

Bahasa Indonesia: LAPORAN (Report)

 

Laporan adalah karangan yang berisikan paparan peristiwa/kegiatan yang telah dilakukan.
Laporan dapat berupa laporan perjalanan, laporan kegiatan atau laporan pengamatan.
Topik laporan adalah pokok yang dibicarakan atau dibahas dalam laporan.

Ciri laporan yang baik :

  1. Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas.
  2. Didasarkan oleh fakta yang benar dan meyakinkan.
  3. Disajikan secara lengkap.
  4. Menarik dan enak dibaca.

Kerangka laporan :

1. Pendahuluan

  • Berisi latar belakang sebuah kegiatan dilaksanakan.

2. Isi laporan

  • Berisi rincian kegiatan yang dilakukan beserta hasilnya.
  • Kegiatan yang dilaporkan lengkap dengan nama, tempat, waktu, dan orang yang terlibat dalam kegiatan.

3. Penutup

  • Berisi kesimpulan dari laporan.

4. Laporan diakhiri dengan identitas pembuat laporan.

Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi karena dalam suatu organisasi dimana hubungan antara atasan dan bawahan merupakan bagian dari keberhasilan organisasi tersebut. Dengan adanya hubungan antara perseorangan dalam suatu organisasi baik yang berupa hubungan antara atasan dan bawahan, ataupun antara sesama karyawan yang terjalin baik maka akan bisa mewujudkan suatu sistem delegation of authority dan pertanggungjawaban akan terlaksana secara effektif dan efisien dalam organisasi. 

    
       Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan suatu kegiatan. 
 
       Dalam pembuatan suatu laporan formal, bahasa yang digunakan haruslah bahasa yang baik, jelas dan teratur. Bahasa yang baik tidak berarti bahwa laporan itu mempergunakan gaya bahasa yang penuh hiasan, melainkan dari segi sintaksis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan yang baik antara satu kata dengan kata yang lain dan antara satu kalimat dengan kalimat lain. Penggunaan kata ganti orang pertama dan kedua harus dihindari, kecuali penggunaan kata ”kami” bila yang menyampaikan laporan adalah suatu badan atau suatu tugas.
 
2. Prinsip – prinsip penulisan Laporan
 
 
    Laporan pada dasarnya adalah alat komunikasi juga. Supaya dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif, sebuah laporan harus memenuhi syarat–syarat berikut ini.
1. Lengkap
    Artinya data dan fakta yang ada dalam laporan harus lengkap

2. Jelas
   Sebuah laporan disebut jelas bila uraian dalam laporan tidak memberi peluang ditafsirkan secara berbeda oleh pembaca yang berbeda. Ini dapat dicapai bila bahasa yang digunakan benar dan komunikatif

3. Benar / akurat
   Data dan fakta yang salah dapat menuntun pembaca membuat suatu keputusan yang salah. Jadi kebenaran dan keakuratan isi laporan sangat diperlukan.

4. Sistematis
    Laporan harus diorganisasikan sedemikian rupa, dengan system pengkodean yang teratur, sehingga mudah dibaca dan diikuti oleh pembaca. Laporan yang sistematis juga menunjang unsur kejelasan yang sudah diciptakan oleh unsur – unsur bahasa.

5. Objektif
    Penulis laporan tidak boleh memasukkan selera pribadi ke dalam laporannya. Pelapor harus bersikap netral dan memakai ukuran umum dalam minilai sesuatu.

6. Tepat waktu
   Ketepatan waktu mutlak diperlukan, karena keterlambatan laporan bisa mengakibatkan keterlambatan pengambilan keputusan.

 
3. Struktur / Sistematika Laporan
 
 
 
laporan lengkap yang lengkap, harus dapat menjawab semua pertanyaan mengenai : apa ( what ), mengapa ( why ), siapa ( Who ), dimana ( where ), kapan ( when ), bagaimana ( how ).
Urutan isi laporan sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat mudah memahami. Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Persiapan dan rencana kegiatan.
5) Peserta kegiatan.
6) Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
7) Kesulitan dan hambatan hasil kegiatan.
9) Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
4. Jenis – jenis Laporan
 
 
  • Laporan informativ, yaitu laporan yang dimaksudkan untuk memberi informasi dan bukan dimaksudkan untuk memberi analisis atau rekomendasi. Titik pentingnya adalah pemberian informasi yang akurat dan terinci.
  • Laporan rekomendasi, yaitu laporan yang di samping memberikan informasi juga menyertakan pendapat si pelapor, dengan maksud memberikan rekomendsasi (usul yang tidak mengikat). Meski demikian akurasi dan rincian informasi tetap diperlukan supaya rekomendasi yang diberikan juga meyakinkan.
  • Laporan analitis, yaitu laporan yang memuat sumbangan pikiran si pelapor, bisa berupa pendapat atau saran, setelah melalui analitis yang matang dan mendalam. Kebanyakan laporan akademis berada pada kategori ini.
  • Laporan Pertanggungjawaban, di mana si pelapor memberi gambaran tentang pekerjaan yang sedang dilaksanakan (Progress report) atau sudah dilaksanakan (bersifat evaluatif).
  • Laporan Kelayakan (feasibility report). Pelapor menganalisis suatu situasi atau masalah secara mendalam untuk menuju penilaian yang bersifat pilihan: layak atau tidak. Berbagai alternative dinanalisis, kemudian ditentukan mana yang lebih baik.

5. Contoh Laporan Resmi

 
M-12A
Informasi dan Persyaratan
Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) – 2010
Universitas Katolik Parahyangan Bandung
Sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi yang mengutamakan kualitas, Universitas Katolik Parahyangan Bandung (UNPAR) selalu berupaya dari tahun ke tahun untuk memperoleh mahasiswa baru yang berprestasi baik dan bermotivasi tinggi. Sejalan dengan itu, UNPAR menawarkan program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) untuk diterima sebagai mahasiswa UNPAR, di samping tetap pula menyelenggarakan Ujian Saringan Masuk (USM) yang akan dilaksanakan dalam 3 (tiga) gelombang, yaitu pada hari Minggu, 31 Januari, 9 Mei dan 25 Juli 2010 di Kampus UNPAR Bandung.
Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa baru yang melamar untuk diseleksi melalui program PMDK ini adalah sebagai berikut :
1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi ke UNPAR dan akan mengambil haknya sebagai mahasiswa UNPAR, apabila kemudian dinyatakan lulus seleksi program PMDK dan lulus SMA;
2. Terdaftar sebagai siswa SMA kelas XII pada tahun ajaran 2009/2010;
3. Hanya memilih 1 (satu) program studi yang paling diminati dari daftar program studi yang tersedia di UNPAR (terlampir);
4. Memenuhi syarat nilai minimal untuk mata pelajaran tertentu, sebagai berikut:
a. Untuk peminat program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Hubungan Internasional, Teknik Sipil, Arsitektur, Ilmu Filsafat, Teknik Industri, Teknik Kimia, Matematika, Fisika, Teknik Informatika, dan Program Diploma III Manajemen Perusahaan : nilai rata-rata mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris mulai dari SMA kelas X sampai dengan SMA kelas XI tidak kurang dari 7 (tujuh) dan nilai rapor terendah 6,5.
b. Untuk peminat program studi Teknik Sipil dan program studi Fisika ditambahkan syarat nilai rata-rata Fisika mulai dari SMA kelas X sampai dengan SMA kelas XI tidak kurang dari 7 (tujuh), dengan nilai rapor terendah 6,5.
c. Untuk peminat program studi Ilmu Hukum, ditambahkan syarat nilai rata-rata Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan, mulai dari SMA kelas X sampai dengan SMA kelas XI tidak kurang dari 7 (tujuh) dan nilai rapor terendah 6,5.
d. Untuk peminat program studi Arsitektur, ditambahkan syarat nilai Menggambar mulai SMA kelas X sampai dengan SMA kelas XI tidak kurang dari 7 (bila dalam kurikulum terdapat pelajaran Menggambar) dan melampirkan gambar hasil karya sendiri sesuai dengan soal dan ketentuan terlampir (form M-12Aa).
5. Mengirimkan masing-masing 1 (satu) lembar :
(a) Surat Lamaran (Form M-12B) dan Formulir Data Siswa (Form M-12C) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah,
(b) Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah (Form M-12D),
(c) Fotokopi rapor SMA, SMA kelas X sampai dengan kelas XI, yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah,
(d) Pas Foto terbaru berwarna ukuran 4 cm x 6 cm,
(e) Fotokopi sertifikat prestasi akademik dan/atau ekstra-kurikuler siswa (jika ada),
(f) Hasil Gambar sesuai soal form M-12Aa, dan ketentuan yang diberikan (khusus pelamar Program Studi Arsitektur).
Seluruh berkas lamaran peminat seleksi program PMDK UNPAR dikirimkan kepada :
Panitia PMDK Universitas Katolik Parahyangan
u.p. Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan / BAAK (Gedung 0 lantai 3)
Jl. Ciumbuleuit No. 94, Bandung 40141
Berkas tersebut harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 23 November 2009.
Hasil seleksi program PMDK ini akan diumumkan pada tanggal 16 Desember 2009.
Pelamar yang lolos seleksi dapat dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru UNPAR apabila telah menyerahkan Surat Keterangan Lulus SMA yang memenuhi syarat, dan Ijazah SMA.
Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang diterima melalui seleksi program PMDK :
a) Melakukan pendaftaran ulang pada jadwal yang telah ditetapkan,
b) Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, selambat-lambatnya tanggal 29 Januari 2010 dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (surat pernyataan akan menyusul).
Sebagai tambahan informasi :
♦ Siswa berprestasi di bidang akademik “sangat memuaskan” yang diterima melalui seleksi program PMDK namun mengalami kesulitan ekonomi dan siswa yang berprestasi di bidang ekstra-kurikuler diberi kesempatan untuk mengajukan permohonan beasiswa UNPAR melalui rekomendasi Kepala Sekolah dengan mengisi form M-12F;
Sebagai bahan pertimbangan, biaya pendidikan yang harus dibayar oleh mahasiswa baru UNPAR pada tahun akademik 2010/2011, adalah :
♦ Biaya Registrasi dan Pengembangan : Rp. 17.500.000,-
(dengan subsidi untuk beberapa program studi tertentu)
♦ Sumbangan pengembangan sukarela (tambahan) : Rp. …………………,-
(boleh 0 atau kelipatan Rp. 1.000.000,-)
♦ Biaya sks : Rp. 180.000,-/per-sks
♦ Biaya responsi/asistensi : Rp. 200.000,-
(bervariasi tergantung Program studi, maksimal
beberapa ratus ribu rupiah per semester untuk
program studi IPA)
♦ Biaya studio (untuk program studi Arsitektur) : Rp. 365.000,-/studio
♦ Biaya praktikum : Rp. 370.000,-
(bervariasi tergantung Jenis praktikum)
Apabila diperlukan informasi lebih lanjut, dipersilakan untuk menghubungi Panitia PMDK UNPAR 2010 melalui pesawat telepon (022) 2032655 ext. 150 (ibu Nunung) atau e-mail nunung@home.unpar.ac.id
Atas perhatian Ibu/Bapak kami mengucapkan terima kasih.
Bandung, 14 Oktober 2009
Rektor,
u.b.
Prof. Paulus Pramono Rahardjo, Ph.D.
Wakil Rektor Bidang Akademik
Tembusan :
1. Ketua Umum Pengurus Yayasan
2. Rektor (sbg. Laporan)
3. Para Wakil Rektor
4. Para Dekan Fakultas
M-12Aa
KETENTUAN DAN PERSYARATAN
PROGRAM PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN
(PMDK) TAHUN AKADEMIK 2010/2011
PROGRAM STUDI ARSITEKTUR – FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG
Ketentuan dan Persyaratan
‐ Siswa kelas 3 SMA jurusan IPA tahun akademik 2009/2010,
‐ Mengisi formulir data lamaran peserta PMDK UNPAR tahun 2010,
‐ Menyertakan fotokopi rapor yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah, dengan nilai rata-rata 7 (kelas X dan kelas XI) untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, nilai terendah 6,5.
‐ Menyerahkan hasil gambar yang sesuai dengan ketentuan soal di bawah ini, membuat pernyataan pada lembar Gambar yang ditandatangani oleh siswa ybs. bahwa gambar ini hasil karya sendiri *), kemudian ditanda tangani oleh Kepala Sekolah, dan stempel sekolah.
Soal test gambar Jurusan Arsitektur melalui PMDK
• Semua gambar dibuat tanpa bantuan alat penggaris. Pada kertas gambar ukuran A3, bolak-balik. Cantumkan nomor soal pada setiap lembar dan gambar.
• Gambar dibuat menggunakan pensil 2B. Cantumkan nama, nomor induk sekolah, nama sekolah, dan tandatangan peserta.
• Dikerjakan di dalam kelas secara serentak di bawah pengawasan guru, dalam waktu paling lama 3 jam. Dikumpulkan, dibubuhi stempel sekolah, dan tandatangan kepala sekolah.
Soal 1. Kemampuan mengekspresikan daya visualisasi imajinatif berdasarkan narasi
Pada tanggal 17 Agustus 2009 pagi para siswa SMU berbaris sesuai masing-masing kelas memenuhi lapangan upacara sekolah yang dikelilingi oleh deretan kelas dan ruang kantor guru serta perpustakaan. Kerindangan barisan pepohonan di pinggir jalan terlihat sebagai latar belakang ruang-ruang kelas.
Di utara lapangan upacara, terlihat para guru berdiri diserambi kelas, bersiap untuk mengikuti upacara penaikan bendera merah putih, di timur lapangan, satu siswi dan dua siswa yang bertugas sebagai pengerek bendera juga sedang bersiap-siap menuju tiang bendera yang berada 5 meter didepan barisan para guru. Gambarkan suasana tersebut, dari posisi anda yang berdiri di barat lapangan upacara tersebut.
Soal 2. Kemampuan mengekspresikan daya visualisasi imajinatif melalui gambar komposisi, bentuk, tekstur, serta detail dari beberapa benda geometric dan non-geometrik
Gambarkan suasana sebuah ruangan makan yang terdapat lemari setinggi 150 cm dari lantai. Setengah pintu lemari bagian atas berupa kaca mengkilap. Di dinding yang berseberangan dengan lemari tersebut tergantung jam dinding. Selain lemari tersebut, terdapat perabot ruang makan lainnya yang terlihat dari pintu terbuka ruangan di sebelahnya.
Soal 3. Kemampuan mengekspresikan daya visualisasi imajinatif melalui komposisi grafis 2 dimensi
Buatlah 3 buah bujursangkar berukuran 10 x 10 cm, dan satu lingkaran dengan diameter 8cm, berjarak 2 cm satu sama lain. Isi bujursangkar pertama dengan tarikan garis arsir secara diagonal. Pada bujursangkar kedua isi dengan arsiran vertikal dan horisontal sejajar sisi bujursangkar secara saling menyilang . Jarak antar arsiran lebih kurang 1 mm. Pada bujursangkar ketiga, isilah dengan sebaran lingkaran secara acak dengan diameter 1 , 2 , dan 3 cm dan titik-titik hitam berdiameter 3 mm. Pada lingkaran isi dengan garis bergelombang dengan jarak lebih kurang 0,8 mm.
Soal 4. Kemampuan mengekspresikan daya visualisasi imajinatif melalui gambar simbol
Tuliskan teks sasanti UNPAR ini, di dalam sebuah persegi panjang (8 x 25 cm) sebagai berikut:
BAKUNING HYANG MRIH GUNA SANTYAYA BHAKTI
Berdasarkan Ketuhanan Menuntut Ilmu Untuk Dibaktikan Kepada Masyarakat
Tinggi semua hurup 1,5 cm. Lebar huruf, jarak huruf dan jarak spasi antar baris diserasikan dengan bidang persegipanjang dan tinggi huruf.
Buatlah juga logo yang terdiri dari angka 50 th. Ukuran logo paling besar pada bidang bujur sangkar (5×5 cm) atau lingkaran (diameter 5 cm). Logo diletakkan 1 cm di bawah persegi panjang (teks) tersebut.
= Selamat Menggambar, Semoga Sukses =
*)Contoh pernyataan (ditulis tangan siswa ybs.)
Bersama ini saya menyatakan dengan sungguh‐sungguh bahwa “Gambar ini merupakan hasil karya saya sendiri”
M-12B
HAL : LAMARAN SISWA UNTUK PROGRAM PMDK 2010 UNPAR
Diisi oleh Panitia PMDK
Kepada Yth. :
Rektor Universitas Katolik Parahyangan Bandung
u.p. Panitia Seleksi PMDK
Jl. Ciumbuleuit No. 94
Bandung 40141
Sesuai dengan Pengumuman Universitas Katolik Parahyangan Bandung untuk menerima mahasiswa baru melalui jalur penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) 2010, dengan ini saya bermaksud melamar untuk ikut dalam proses seleksi tersebut.
Nama lengkap : …………………………………………………………….………………
Jenis Kelamin : ………………………
Alamat rumah : ……………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………..
Kode Pos : ………………… Telp. (………) ………………..
Nama sekolah : ……………………………………………………………………………..
Alamat sekolah : ……………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………..
Kode Pos : ………………… Telp. (………) ………………….
Kelas XII SMA : Jurusan IPS / IPA / Bahasa (lingkari yang sesuai)
Program studi pilihan : ………………………………………… (hanya satu program studi)
Untuk bahan pertimbangan, dengan ini saya lampirkan :
1. Data calon (Form M-12C) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
2. Fotokopi rapor kelas X s.d. kelas XI, yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
3. 1 (satu) lembar pasfoto resmi terbaru ukuran 4 X 6 cm berwarna
4. Surat rekomendasi yang jelas dan rinci dari Kepala Sekolah (Form M-12D)
5. Fotokopi sertifikat prestasi akademik dan/atau ekstra-kurikuler (jika ada)
6. 1 (satu) berkas hasil Gambar sesuai soal dan ketentuan form M-12Aa
7. Surat maksimal 1 halaman kertas A4 (ditulis tangan) menguraikan tentang “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”.
Demikian surat lamaran ini saya buat untuk dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh Universitas Katolik Parahyangan Bandung dalam proses seleksi PMDK tahun 2010.
_____ , ____________ 2009
Mengetahui Menyetujui Siswa Pelamar
Kepala Sekolah Orang tua/Wali
(______________) (_______________) (_______________)
M-12C
DATA SISWA PELAMAR PROGRAM PMDK 2010 UNPAR
Data Siswa
Nama lengkap : …………………………………….………………….………………………………
Tempat/tgl. Lahir : …………………………………………………………………………………………
Kewarganegaraan : WNI / WNA (lingkari yang sesuai)
Kelas XII SMA : Jurusan IPA / IPS / BAHASA (lingkari yang sesuai)
Alamat rumah : …………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………..………………………….
Kode Pos : ……………… Telp./HP. : (…….) ………………………
Faks. :(……) …………………..E-mail : ……..….……………………
Alamat di Bandung : ……………………………………………………………………………….……….
(jika berbeda dgn di atas) …… …………………………………………………………………………….……
Kode Pos : ………… Telp./HP. : (…….) …..…………….……
Pilihan Program studi : ……………………………………………. (hanya satu program studi)
Data Orangtua/Wali
Nama lengkap : …………………………………………………………………………..…(ayah)
……………………………………………………………………………… ( ibu )
Alamat : …………………………………………………………………………………….….
Kode Pos : ……………… Telp./HP. : (…….) ………………………
Faks. :(……) …………………..E-mail : ……..….……………………
Pekerjaan : …………………………………………………………………………..…(ayah)
……………………………………………………………………………… ( ibu )
Saya yang bertandatangan di bawah ini menyatakan bahwa :
1. Data di atas adalah data yang sebenarnya dan sejujurnya,
2. Berjanji akan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan Bandung bilamana saya dinyatakan diterima melalui seleksi PMDK ini dan dinyatakan lulus SMA,
3. Jika saya mengundurkan diri / tidak mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR, seluruh biaya yang sudah disetorkan kepada UNPAR, tidak akan saya minta kembali.
4. Saya memerlukan / tidak memerlukan*) dukungan beasiswa dari UNPAR.
_______________ , ____________ 2009
Mengetahui, Menyetujui, Siswa Pelamar,
Kepala Sekolah Orang tua/Wali
(______________) (_______________) (_______________)
*) bila memerlukan, harap mengisi form M-12F
M-12D
SURAT REKOMENDASI
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama lengkap : …………………………………………………………………………………………………….
Jabatan : Kepala Sekolah SMA …..…………………………………………………………….
Alamat sekolah : …………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
Kota : ………………………………………… Kode Pos : …………………………
Telepon : (……….) ………………………………….. Faks : ( ……… ) …………………….
Alamat e-mail : ……………………………………………………………………………………………………
Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama lengkap : …………………………………………………………………………………………………….
Tempat/tgl.lahir : ………………………………..…..…………………………………………………………….
Adalah benar siswa SMA : ………………………………………………….…… sejak tahun …………………..
Dan saat ini belajar di kelas XII SMA jurusan …………………………… (diisi sesuai dengan kenyataan)
Selama mengikuti pendidikan di SMA ini, siswa tersebut memiliki prestasi akademik yang tinggi dan sikap yang baik, mau bekerja keras serta memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Saya juga memberi jaminan bahwa siswa tersebut memang memiliki minat yang besar dalam program studi yang dia pilih, sehingga apabila ia lolos seleksi program PMDK, ia akan mengambil hak yang diberikan kepadanya sebagaimana tercantum dalam pernyataan di form M-12C.
Prestasi yang saya pandang dapat mendukung agar siswa tsb. dipertimbangkan adalah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..…….
Catatan : Siswa yang bersangkutan perlu diberi beasiswa : Ya / Tidak (lingkari yang sesuai)
Alasan : (dapat dilengkapi dengan keterangan lain yang menguatkan, bila perlu)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Melalui surat ini, kami merekomendasikan siswa tersebut di atas untuk mengikuti seleksi PMDK Universitas Katolik Parahyangan Bandung tahun akademik 2010/2011
_____ , _______________ 2009
Hormat kami,
(_________________________)
Nama jelas, Tandatangan dan Cap Sekolah
DAFTAR PROGRAM STUDI YANG TERSEDIA
DI UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG
PROGRAM SARJANA (S-1)
(semua memiliki status terakreditasi)
No.
Fakultas
Program Studi
Syarat Ijazah SMA
1.1 Ekonomi Pembangunan
1.2 Manajemen
1
Ekonomi
1.3 Akuntansi
Lulusan SMA IPA/IPS
2
Hukum
2.1 Ilmu Hukum
Lulusan SMA IPA/ IPS/Bahasa
3.1 Ilmu Administrasi Publik
3.2 Ilmu Administrasi Bisnis
3
Ilmu Sosial & Ilmu
Politik
3.3 Ilmu Hubungan Internasional
Lulusan SMA IPA/ IPS/Bahasa/SMK
4.1 Teknik Sipil
4
Teknik
4.2 Arsitektur
Lulusan SMA IPA
5
Filsafat
5.1 Ilmu Filsafat
Lulusan SMA /SMK semua jurusan
6.1 Teknik Industri
6
Teknologi Industri
6.2 Teknik Kimia
Lulusan SMA IPA
7.1 Matematika
7.2 Fisika
Lulusan SMA IPA atau A1/A2
7
Teknologi Informasi dan Sains
7.3 Teknik Informatika
Lulusan SMA IPA
PROGRAM DIPLOMA III (D-III)
(memiliki status terakreditasi)
No.
Fakultas
Program Studi
Syarat Ijazah SMA
1
Ekonomi
Manajemen Perusahaan
Lulusan SMA IPS/IPA, atau A1/A2/A3/A4, SMK
Bandung, September 2009
Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
Universitas Katolik Parahyangan Bandung
M-12E
FORMULIR BIAYA PENGEMBANGAN SUKARELA
Perhatian : formulir ini digunakan untuk menambah biaya pengembangan sukarela ,
bukan untuk mengurangi
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya peserta seleksi program PMDK-2010 Universitas Katolik Parahyangan Bandung,
1. Nama lengkap : ……………………………………………………………………………………………………..
2. Alamat rumah : ……………………………………………………………………………………………………..
3. No. Telpon : ……………………………………………………………………………………………………..
4. Nama SMA : ……………………………………………………………………………………………………..
5. Alamat SMA : ……………………………………………………………………………………………………..
6. Jurusan di SMA : IPS / IPA / BAHASA (lingkari yang sesuai)
7. Program studi pilihan : ………………………………………………………………………………………….
Menyatakan bila saya diterima sebagai mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan Bandung, akan memberikan Sumbangan Sukarela, sejumlah :
Rp. …………………………………….. *)
Terbilang : ………………………………………………………………………………………………..
Demikian pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Menyetujui, ……………………………… , 2009
Orangtua/Wali, Peserta Seleksi PMDK-2010,
___________________ _______________________
(ttd & nama jelas) (ttd & nama jelas)
Keterangan :
*) Bila diisi, minimal nol atau kelipatan Rp. 1.000.000,-
Bila tidak diisi perlu dicoret dengan tanda silang. ( X )
Bila merasa perlu beasiswa, JANGAN mengisi lembar ini.
Sumbangan Sukarela ini berpengaruh jika jumlah peminat terlalu banyak, dan kualitas prestasi studi di SMA agak rentan dalam bersaing
M-12F
Surat Permohonan Beasiswa
H a l : Permohonan Beasiswa Prestasi Akademik/Ekstra-kurikuler *)
Lamp. : 1 (satu) berkas
Tanggal :
Kepada Yth.
Rektor Universitas Katolik Parahyangan Bandung
Bandung
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
N a m a :
Alamat :
No. Telepon :
mengajukan permohonan untuk memperoleh beasiswa Prestasi Akademik / Ekstra-kurikuler *), apabila saya dinyatakan lulus melalui seleksi PMDK UNPAR tahun 2010.
Permohonan ini saya ajukan, karena alasan/pertimbangan sebagai berikut :
1.
2.
3.
Dengan ini pula saya sertakan surat-surat pendukung yang dapat memperjelas bahwa saya layak memperoleh beasiswa tersebut.
Atas perhatian Ibu, saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya, Mengetahui orangtua/wali,
(…………………………………….) ( …………………………………….)
Ttd & nama jelas Ttd & nama jelas
*) coret yang tidak perlu

 
About these ads

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ photo

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s

Folgen

Erhalte jeden neuen Beitrag in deinen Posteingang.

Schließe dich 27 Followern an

%d Bloggern gefällt das: