Rangkuman Bahasa Indonesia

BERCAKAP-CAKAP SECARA SOPAN DENGAN MITRA BICARA DALAM KONTEKS BEKERJA

Bercakap-cakap adalah bentuk komunikasi dua arah antara pembicara dan mitra bicara cara bergilir.

Percakapan ada dua macam, yaitu: percakapan formal dan informal. Percakapan formal di lakukan oleh para pejabat pemerintah dalam suasana formal.

Percakapan informal sering di lakukan dalam percakapan keluarga atau lingkungan masyarakat, unsur silaturahmi sangat menonjol dalam percakapan informal.

Percakapan formal atau informal tidak boleh meninggalkan norma ataupun etika pergaulan, misal saat bercakap-cakap, tidak di perkenankan menyela orang lain tanpa ijin,bersikap acuh tak acuh terhadap lawan bicara maupun tindakan yang lain. Suasana percakapan formal lebih baku dan menggunakan bahasa formal.

 

BERDISKUSI YANG BERMAKNA DALAM KONTEKS BEKERJA

Diskusi adalah suatu metode untuk memecahkan masalah dengan proses berfikir kelompok. Diskusi berarti melakukan kegiatan berbicara aktif secara terkoordinasi dengan aturan-aturan yang di patuhi oleh anggota kelompok. Setiap anggota mempunyai hak yang sama untuk mengeluarkan pendapat baik mendukung pendapat orang lain maupun menolak pendapat tersebut.

Diskusi dapat berlangsung dengan baik apabila kelompok anggota memiliki kepentingan yang sama untuk suatu penyelesaian atau penjelasan. Agar diskusi bias berjalan dengan baik maka di perlukan seseorang yang dapat di tunjuk sebagai ketua.

 

BERNEGOSIASI YANG MENGHASILKAN DALAM KONTEKS BEKERJA

Negosiasi adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok, organisasi, dan individu) dengan pihak lain (kelompok, organisasi, dan individu). Negosiasi di artika juga pendekatan untuk menyelesaikan sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa. Ada dua model negosiasi untuk menyelesaikan sengketa perusahaan, yaitu Win-win.

Negosiasi dengan model win-loose memiliki ciri-ciri salah satu pihak atau orang harus bersedia menerima pendapat pihak atau orang lain jika pihak atau orang lain tersebut memiliki kekuasaan atas diri pihak /orang lain tidak ada bersedia menerima pendapat. Negosiasi model ini memandang negosiasi sebagai proses pertikaian . Cara yang di gunakan adalah taktik  manipulatif, argumen yang memaksakan,konsesi terbatas  dan tawar menawar yang alot.

Berbeda dengan negosiasi yang memilih pendekatan win-win. Cara yang di gunakan adalah dengan mengembangkan hubungan yang kolaboratif, mengutamakan penyesuaiaan kepentingan ke dua pihak, bersikap ramah dan kooperatif.

 

MENYAMPAIKAN LAPORAN ATAU LISAN DALAM KONTEKS BEKERJA

Melaporkan fakta, anda tidak boleh memanipulasi data, bukti, dan contoh yang terdapat dalam keadaan atau peristiwa yang haris di sampaikan secara jujur. Oleh karena itu, Anda harus melaporkan  apa (what) yang terjadi , siapa (who) yang berperan serta, kapan (when) peristiwa terjadi, dimana (where) peristiwa  itu terjadi , mengapa (why) hal tersebut terjadi, dan bagaimana (how) keadaan tersebut saat ini.

Pelapor harus memiliki sikap jujur, teliti dan mampu mengungkapkan gagasan dengan baik.  Laporan adalah suatu cara berkomunikasi yang di lakukan oleh pelapor untuk menyampaikan informasi kepada seseorang atau lembaga karna tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya.

Bahasa yang di pakai yang di pakai dalam laporan harus baik dan jelas. Bahan yang di sajikan pelapor harus dapat menimbulkan kepercayaan.  Laporan yang baik tidak boleh memasukan hal-hal yang menyimpan, yang mengundang prasangka .

Laporan lisan tentang sebuah keadaan atau peristiwa bisa di lakukan dengan beberapa cara penuturan. Penuturan secara deskriptif di lakukan dengan mengungkapkan secara objektif segala hal yang terjadi sehingga pendengar ikut merasakan peristiwa atau keadaan yang ada. Penuturan naratif dilakukan dengan menyampaikan secara berurutan peristiwa yang terjadi. Penuturan secara ekspositoris dilakukan dengan mengungkapkan secara teliti proses yang terjadi.

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s

%d Bloggern gefällt das: